KEYLOGGER : Pengertian, Kegunaan, Cara Kerja, dan Cara Mengatasinya


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kembali lagi dengan saya Admin yang paling gans :v Tito Sembiring , pada artikel kali ini saya akan menjelaskan apa itu Keylogger, Cara Kerja serta Pencegahannya.
Ok, tanpa banyak bacot langsung saja simak berikut :v

Cekidoooottt :v

PENGERTIAN : 

     Keylogger merupakan singkatan dari Keystore Logger, yaitu sebuah perangkat yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard dan penyimpanannya. Keylogger juga terdapat dalam Software maupun Hardware.
     Keylogger yang berupa Hardware bisanya dipasangkan pada ujung mouse sehingga dapat mencegat data yang dialirkan dari keyboard menuju ke CPU. Sementara itu, Keylogger yang berupa Software terpasang didalam komputer dan bekerja secara sembunyi.
     Pada awal pembuatan Keylogger, Keylogger hanya digunakan untuk media perekam pengetikkan keyboard. Namun, sekarang fasilitas yang terdapat pada Keylogger sudah berkembang. Tidak hanya merekam pengetikkan pada keyboard saja, tapi bisa meng-capture keseluruhan gambar yang ditampilkan ketika korban menggunakan komputer. Bahkan, ada Keylogger yang bisa mengirim hasil rekaman nya kepada sebuah alamat E-Mail. Dan tentu saja ini dilakukan secara diam-diam oleh Software Keylogger.
     Software Keylogger sangatlah banyak, walaupun demikian cara penggunaannya pun tidak lah berbeda, hanya sedikit perbedaan. Berikut adalah beberapa daftar Keylogger yang banyak digunakan :


KEGUNAAN : 

     Sebuah keylogger adalah setiap jenis utilitas yang mencatat penekanan tombol yang dibuat oleh seseorang di komputer. Bagi banyak orang, hal pertama yang muncul dalam pikiran ketika mereka mendengar kata itu adalah gambar dari penggunaan sembarangan; hacker, pencuri kartu kredit, dan orang-orang mencuri password. Sementara orang menggunakannya untuk tujuan-tujuan ini, ada juga beberapa kegunaan yang dapat bermanfaat dan tidak buruk sama sekali.

1. Dokumen Pemulihan
     Sebagian besar pengguna komputer pernah mengalami situasi di mana mereka sedang bekerja pada email yang panjang, penelitian kertas, atau proyek, dan tiba-tiba baik komputer mereka crash atau listrik padam dan mereka kehilangan semua pekerjaan mereka. Jika mereka tidak ingat untuk menyimpan setiap begitu sering, atau kalau mereka menggunakan sebuah program yang tidak memiliki fitur auto-save, hasilnya akan bahwa mereka kehilangan semua pekerjaan mereka. Dalam situasi ini, sebuah keylogger dapat digunakan untuk memulihkan seluruh isi dari kertas atau dokumen yang sedang diketik. 
2. Monitoring Anak Anda
    Keyloggers juga dapat digunakan untuk memantau orang-orang dengan siapa anak-anak Anda chat online. Pada awalnya mungkin tampak seperti sebuah serangan pribadi, tetapi jika Anda pergi rute ini penting untuk menjelaskan kepada anak-anak Anda bahwa Anda hanya berusaha untuk melindungi mereka dari Cyber Crime dan tidak menyerang privasi mereka. Sayangnya, program ini telah mendapat nama buruk karena biasanya mereka muncul dalam berita di sebuah cerita yang berkaitan dengan beberapa Cyber Crime. Namun dalam aplikasi sebenarnya, mereka juga memiliki beberapa kegunaan yang bermanfaat dapat menghemat banyak waktu dan usaha.

CARA KERJA : 
     Secara umum dan sederhana, cara kerja keylogger ialah merekam segala sesuatu yang diketikkan melalui keyboard. Hasil rekaman disimpan dalam bentuk catatan atau log. Untuk menerima tombol keyboard yang sedang ditekan memerlukan sebuah fungsi. Untuk menggunakan fungsi ini acara membutuhkan timer untuk memonitor tombol-tombol yang di gunakan sencara continue. Parameter yang digunakan pada fungsi ini berupa nilai ascii. 

CARA MENGATASI KEYLOGGER

Cara mengatasi keylogger agar tidak berfungsi ialah :
1) Pastikan Anda menggunakan “On-Screen Keyboard”saat anda memasukkan password jika anda Login ke facebook atau e-mail anda dengan cara:
a) Klik Start pilih Program > Accessories > Accessibility > On-Screen Keyboard
b) Tempatkan kursor dikolom username dan password
c) Masukkan username dan password kamu dengan mengklik huruf/ angka yang ada pada On-Screen Keyboard
2) Dengan cara menggunakan anti virus terbaru, karena anti virus terbaru atau antivirus yang bagus bisa membaca keylogger ini sebagai virus
3) Anda bisa menggunakan anti keylogger. Anda bisa mendownload nya pada link dibawah. 

Sekian penjelasan tentang Keylogger dari saya, jika ada yang merasa keliru atau bingung, silahkan komentar dibawah :)
#Keylogger
#Hacking
#AnarchoXploit 
#NusantaraCode

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DEFACE UPLOAD FILE WITH FILECHUCKER

Cara Menutup Bug SQL Injection

Deface POC Prestashop File Upload